BThemes

 

Minggu, 09 Juni 2013

Upacara Pramuka Penegak

0 komentar
Susunan Upacara Pramuka Penegak
Upacara Pramuka Penegak adalah salah satu rangkai pembinaan watak dan karakter anggota pramuka penegak itu sendiri yang sesuai dengan semboyan yang sering di gunakan untuk menggambarkan kegiatan pramuka penegak yakni” Dari, oleh dan untuk Pramuka penegak”. Melalui semboyan ini lah pramuka penegak dibangkitkan semangatnya dalam menjalani kegiatan pramuka termasuk dalah satunya dalam upacara pramuka penegak itu sendiri.
Di dalam pramuka penegak terdapat banyak upacara hampir sama dengan Upacara Pramuka Penggalang. Pada pramuka penegak di mulai dari upacara penerimaan tamu ambalan, Upacara pelantikan penegak bantara dan Upacara Pelantikan penegak laksana serta upacara lainnya. Maka agar pelaksanaan upacara tersebut sesuai dengan landasan yang ada pramuka penegak harus menguasai tata cara upacara pramuka penegak. Dengan menguasai tata cara tersebut maka tidak akan terjadi kesalahan dalam Susunan Upacara Pramuka penegak.
Untuk mengetahui susunan tata upacara pramuka penegak bisa di lihat pada buku petunjuk adat dan upacara pelantikan dalam ambalan penegak. Buku tersebut dikarang oleh Hj. Dra. Ida Farida Surjadi dan Pamudji slamet yang di terbitkan Oleh Pustaka Tunas Media yang merupakan Balai penerbit Resmi Gerakan Pramuka Indonesia. Di dalam Pendahuluan bukunya kak ida dan kak Slamet mengatakan banyak Upacara pramuka penegak yang dilaksanakan sudah jauh melenceng keluar dari Relnya. Bagian-bagian adat yang penting tidak muncul dalam upacara tersebut. Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi tentang tata urutan upacara pramuka penegak.
Buku tersebut sudah sesuai dengan PP Upacara Pramuka penegak, sehingga dalam pelaksanaannya jika pramuka penengak mengikuti cara upacara pramuka penegak yang tertuang dalam buku tersebut mudah-mudahan tidak terdapat lagi kesalahan seperti yang sering terjadi. Selanjutnya Sedikit saran penulis bagi Ambalan yang sudah bisa melaksanakan Upacara sesuai dengan petunjuk yang ada tidak adal salahnya untuk mendokumentasikan pelaksanaan upacara tersebut dalam bentuk Video Upacara Pramuka Penegak lalu di Upload ke situs Sharing Video seperti  Youtube.com. sehingga nanti kedepan bisa menjadi panduaan bagi ambalan lain untuk pelaksaan upacara dengan Cara men Download Video Upacara Pramuka Penegak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2013 PRAMUKA SIAK.